Thursday, March 15, 2012

TIPS AND TRIK MEMULAI SEBUAH USAHA

      Ada beberapa hal yang harus di perhatikan dalam memulai sebuah usaha.Yang sangat harus di perhatikan adalah niat itu sendiri.Niatkanlah karena ALLAH SWT,karena DIA yang mewajibkan bekerja(ikhtiar) itu sendiri.

   
Dan katakanlah : “Bekerjalah kamu, maka Allah dan Rasul-Nya serta orang-orang mu’min akan melihat pekerjaanmu itu, dan kamu akan dikembalikan kepada Allah Yang Mengetahui akan ghaib dan yang nyata, lalu diberikan-Nya kepada kamu apa yang kamu kerjakan.” (At Taubah : 105

adapun sabda NABI SAW

   
Mereka (para budak dan pelayanmu) adalah saudaramu, Allah menempatkan mereka di bawah asuhanmu; sehingga barang siapa mempunyai saudara di bawah asuhannya maka harus diberinya makan seperti apa yang dimakannya (sendiri) dan memberi pakaian seperti apa yang dipakainya (sendiri); dan tidak membebankan pada mereka dengan tugas yang sangat berat, dan jika kamu membebankannya dengan tugas seperti itu, maka hendaklah membantu mereka (mengerjakannya).” (HR. Muslim).

“Dari Miqdan r.a. dari Nabi Muhammad Saw, bersabda: Tidaklah makan seseorang lebih baik dari hasil usahanya sendiri. Sesungguhnya Nabi Daud a.s., makan dari hasil usahanya sendiri.” (H.R. Bukhari) “Dari Abu Hurairah r.a., dari Nabi Muhammad Saw: Sesungguhnya Nabi Daud a.s., tidak makan kecuali dari hasil usahanya sendiri.” (HR. Bukhari)

“Dari Abu Hurairah r.a., ia berkata: Rasulullah Saw bersabda: Sungguh, seandainya salah seorang di antara kalian mencari kayu bakar dan memikul ikatan kayu itu, maka itu lebih baik, daripada ia meminta-minta kepada seseorang, baik orang itu memberinya ataupun tidak.” (HR. Bukhari dan Muslim).

“Dari Abu Abdullah Az-Zubair bin Al-‘Awwam r.a., ia berkata: Rasulullah Saw bersabda: Sungguh seandainya salah seorang di antara kalian mengambil beberapa utas tali, kemudian pergi ke gunung dan kembali dengan memikul seikat kayu bakar dan menjualnya, kemudian dengan hasil itu Allah mencukupkan kebutuhan hidupmu, itu lebih baik daripada meminta-minta kepada sesama manusia, baik mereka memberi ataupun tidak.” (HR. Bukhari)

“Dalam sebuah hadits Rasul saw bersabda: Barang siapa pada malam hari merasakan kelelahan karena bekerja pada siang hari, maka pada malam itu ia diampuni Allah” (Hadits Riwayat Ahmad & Ibnu Asakir )
“Rasulullah saw pernah ditanya, Pekerjaan apakah yang paling baik? Beliau menjaawab, Pekerjaan terbaik adalah usaha seseorang dengan tangannya sendiri dan semua perjualbelian yang dianggap baik,” (HR Ahmad dan Baihaqi).

BERIKUT TIPS MEMULAI SEBUAH USAHA

1.MENCIPTAKAN PRODUK ATAU JASA,produk atau jasa apa yang ingin anda jual dalam bisnis ini.Tentunya semakin kreatif dan inovatif produk anda semakin cerah prospek bisnis anda.
2.MELAKUKAN SURVEY PASAR UNTUK MELIHAT RESPON KONSUMEN,seberapa banyak dan seberapa besar minat konsumen terhadap produk yang akan anda jual.perhatikan daya beli,pangsa pasar dan kisaran harga umum.
3.MEMPERSIAPKAN IZIN USAHA
4.MENCARI LOKASI USAHA STRAATEGIS,tentunya selain lokasi yang strategis interior bangunan juga harus di perhatikan.Tata letak dan kebersihannya pun harus di jaga.Tentukan juga kesepakatan kontrak bila lokasi usaha anda adalah tempat sewaan.
5.MENCARI KARYAWAN,carilah karyawan yg sesuai dgn bisnis yg anda jalankan,selain tingkat pendidikan utamakan ahlak dan keterampilan.
6.MERANCANG STRATEGI PEMASARAN
LALU MULAILAH USAHA ANDA

No comments:

Post a Comment